wdcfawqafwef

Buka Rekening Tabungan BNI Wajib Punya NPWP

Buka Rekening Tabungan BNI Wajib Punya NPWP
Kartu NPWP

Tanya:
Apakah untuk bisa buka rekening tabungan BNI kita wajib punya NPWP?

Jawab:
NPWP Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan nomor registrasi yang dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia dalam birokrasi perpajakan. Tidak mematok penghasilan baik itu berpenghasilan besar memiliki usaha maupun masyarakat dengan pendapatan terendah.

Jika ditelisik seharusnya setiap warga negara Indonesia wajib memiliki NPWP hanya saja untuk pembayaran pajak disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku di mana saat ini masyarakat yang berpenghasilan dibawah Rp4.000.000 /bulan tidak dikenakan pajak penghasilan.

Dan ketika masyarakat memutuskan untuk membuat rekening tabungan dalam bentuk simpanan baik itu deposito maupun tabungan biasa di sebuah lembaga keuangan yang terdaftar oleh OJK secara resmi diwajibkan untuk memiliki NPWP. Karena ini berkaitan dengan penghasilan dan harta tidak bergerak.

Tentu saja kebijakan ini berlaku ketika masyarakat ingin membuka rekening tabungan di Bank BNI termasuk bank lainnya. Wajib memiliki NPWP untuk beberapa jenis produk simpanan tidak termasuk tabungan anak dan tabungan usia remaja.

Apabila calon nasabah belum memiliki NPWP maka akan diberikan formulir pernyataan bahwa setelah membuat rekening tabungan di PT Bank Negara Indonesia Tbk selanjutnya akan membuat NPWP di kantor pajak. Formulir tersebut diisi lengkap sesuai dengan data calon nasabah serta dibubuhi tanda tangan sebagai pengesahan.

Namun demikian meskipun nantinya setelah menjadi nasabah bank BNI tetap belum terdaftar tanpa NPWP pajak secara otomatis diberlakukan dihitung dari suku bunga tabungan yang didapat setiap bulannya. Jumlah pajak yang dibebankan akan dipotong langsung dari saldo rekening tabungan, pajak berlaku untuk rekening tabungan biasa maupun jenis simpanan deposito.

Pajak ini bersifat pajak penghasilan di luar biaya administrasi bulanan yang dikenakan oleh pihak BNI. Baca juga: Simpanan BNI Tabunganku Bebas Biaya Administrasi Bulanan

Untuk itu wajib bagi calon nasabah bank BNI memiliki NPWP sebelum bisa membuka rekening tabungan. Atau mengisi formulir pendataan akan membuat NPWP setelah memiliki rekening BNI.

0 Response to "Buka Rekening Tabungan BNI Wajib Punya NPWP"

Posting Komentar