wdcfawqafwef

Pembayaran Dengan BNI di Tokopedia Berhasil Tapi Tidak Terverifikasi

Pembayaran Dengan BNI di Tokopedia Berhasil Tapi Tidak Terverifikasi
Pembayaran Dengan BNI di Tokopedia Berhasil Tapi Tidak Terverifikasi

Jawab:
"Kemarin saya bayar pesanan di Tokopedia menggunakan metode transfer dari Bank BNI ke bank BNI Tokopedia, namun setelah menunggu lebih dari 24 jam pembayaran tidak terverifikasi. Bagaimana solusinya?"

Jawab:
Sejauh ini perkembangan e-commerce ATAU toko jual beli online di Indonesia semakin pesat bahkan mendapatkan kepercayaan besar dari berbagai investor di luar negeri.

Apalagi e-commerce sekarang sudah support berbagai metode pembayaran baik itu transfer bank konvensional, penggunaan transfer ke virtual account, metode pembayaran kartu debit dan kartu kredit yang memungkinkan cicilan bahkan dengan bunga 0%, masuk metode pembayaran lainnya yang dulu cukup familiar dia itu cash on delivery (COD).

Terkait permasalahan di atas dimanakah di mana customer dalam hal ini nasabah bank BNI yang telah melakukan transfer saldo ke bank BNI Tokopedia namun sampai dengan batas waktu belum terverifikasi ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut diantaranya:

Nominal transfer
Biasanya untuk metode pembayaran transfer ke rekening bank di e-commerce seperti Tokopedia memberlakukan autentikasi berupa kode unik ditempatkan biasanya 3 atau 2 digit di belakang nominal transfer.

Sebagai contoh pembayaran pesanan Rp100.000 umumnya akan dilengkapi dengan kode unik contohnya Rp100.123. Untuk itu nasabah harus melakukan pembayaran atau transfer saldo sesuai dengan nominal beserta kode unik yang diminta oleh Tokopedia, jika kurang atau lebih maka tidak akan diverifikasi oleh sistem dan dinyatakan customer tidak melakukan pembayaran.

Jadwal maintenance
Baik tokopedia maupun sistem dari Bank BNI ketika proses pembayaran pesanan bisa saja sedang terjadi maintenance ada perawatan jaringan sementara sehingga saldo yang telah ditransfer ke rekening bank BNI Tokopedia tidak terverifikasi. Namun demikian hal ini jarang terjadi.

Konfirmasi pembayaran
Customer Tokopedia sebaiknya langsung melakukan konfirmasi pembayaran dengan menunjukkan bukti screenshot ataupun foto struk transaksi di halaman pesanan pada Tokopedia meskipun umumnya verifikasi dilakukan secara otomatis selama mengikuti ketentuan pada poin pertama yaitu nominal saldo yang ditransfer sesuai dengan yang diminta oleh Tokopedia.

Salah rekening
Ini sangat penting ketika proses transfer saldo pastikan nomor rekening tujuan sudah benar bahwa itu adalah milik tokopedia. Nasabah bisa memastikannya dengan cek mutasi rekening di sana akan terlihat rekening tujuan bahwa saldo memang benar terkirim ke rekening BNI Tokopedia.

Sedangkan solusi untuk menyelesaikan masalah ini bilamana nasabah memang benar-benar telah melakukan transfer saldo untuk pembayaran pesanan di Tokopedia bisa langsung menghubungi pihak Tokopedia melalui aplikasi layanan customer care Tokopedia di jejaring sosial twitter @TokopediaCare.

Tunjukkan bukti transaksi transfer yang telah dilakukan serta nomor pesanan atau nomor order di Tokopedia nantinya customer service akan membantu melakukan pengecekan. Jika memang saldo telah diterima oleh pihak Tokopedia biasanya dikembalikan dalam bentuk refund ke saldo Toko Cash sekarang menjadi OVO, kerjasama antara Tokopedia dengan OVO.

Saldo tersebut nantinya bisa ditarik ke rekening bank atau digunakan untuk pembayaran pesanan berikutnya di Tokopedia.

Baca juga: Transfer Kliring di Teller BNI Sampai Berapa Lama?

Jadi itulah solusi pembayaran dengan BNI di Tokopedia berhasil tapi tidak terverifikasi oleh sistem.


0 Response to "Pembayaran Dengan BNI di Tokopedia Berhasil Tapi Tidak Terverifikasi"

Posting Komentar