wdcfawqafwef

Cara Bayar Samsat Online Melalui ATM BNI e-Samsat

Cara Bayar Samsat Online Melalui ATM BNI e-Samsat
ATM BNI e-Samsat

Tanya:
"Bagaimana langkah-langkah cara bayar Samsat online di mesin ATM BNI?"

Jawab:
Untuk mewujudkan digitalisasi di sektor pajak pemerintah Republik Indonesia bekerja bersama Kepolisian RI menghadirkan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor dimana pembayarannya bisa melalui jalur online bekerja sama dengan beberapa perusahaan seperti bank salah satunya adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Pembayaran Samsat online oleh bank BNI diberi nama BNI e-Samsat. Dengan adanya sistem online secara langsung lebih mempermudah proses pembayaran pajak kendaraan bermotor tanpa perlu mengantri terlalu lama di kantor Samsat sekaligus menekan tindakan korupsi oleh oknum tertentu termasuk pungutan liar (pungli).

Cara bayar Samsat online di mesin ATM BNI sangat mudah wajib pajak kendaraan bermotor harus melakukan registrasi nomor STNK di website Korlantas Samsat Online Nasional atau via aplikasi bisa download gratis di toko aplikasi Play Store untuk Android.

Aplikasi Samsat Online Nasional
Aplikasi Samsat Online Nasional

Selanjutnya wajib pajak akan mendapatkan kode pembayaran inilah yang nantinya harus diinput di mesin ATM BNI. Berikut ini cara melakukan pembayaran Samsat online di ATM BNI:

Pada menu utama mesin ATM pilih "Menu Lain"

Selanjutnya pilih menu "Pembayaran"

Diikuti pilih menu "Pajak/Penerimaan Negara"

Berikutnya pilih menu "e-Samsat"

Menu e-Samsat
Menu e-Samsat

Masukan 4 digit kode institusi Samsat nasional yaitu 1500 dan kode pembayaran yang tadi didapat saat pendaftaran. Contoh: 15001234567890

Mesin ATM BNI akan menunjukkan detail tagihan pajak kendaraan bermotor pastikan sudah sesuai dan Anda bisa melakukan pembayaran.

Konfirmasi Pembayaran
Konfirmasi Pembayaran

Simpan struk bukti transaksi yang dikeluarkan oleh mesin ATM selanjutnya bawa ke kantor Samsat sesuai dengan regional pajak kendaraan bermotor untuk mendapatkan bukti pengesahan dari petugas Samsat.

Jadi itu langkah-langkah cara bayar Samsat online via mesin ATM BNI. Sementara ini baru beberapa provinsi yang mengadopsi sistem e-Samsat kedepannya akan diperluas ke daerah lainnya.

0 Response to "Cara Bayar Samsat Online Melalui ATM BNI e-Samsat"

Posting Komentar