wdcfawqafwef

Apakah Kartu Keluarga Sejahtera Bisa Digunakan Menabung di BNI?

Apakah Kartu Keluarga Sejahtera Bisa Digunakan Menabung di BNI?
Kartu Keluarga Sejahtera

Tanya:
"Saat menerima kartu keluarga sejahtera tidak dapat buku rekening. Apa tidak bisa digunakan untuk menabung?"

Jawab:
Program Keluarga Harapan merupakan realisasi pemerintah Indonesia dalam upaya mensejahterakan masyarakat yang masuk ke dalam golongan kurang mampu dengan menerbitkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang disalurkan langsung oleh bank yang bekerjasama dalam program ini salah satunya adalah bank BNI.

Batu tersebut dikirim langsung ke alamat sesuai dengan domisili penerima yang terdaftar di dalam Program Keluarga Harapan. Jadinya kartu keluarga sejahtera bisa dimanfaatkan untuk mengambil uang di agen bank serta melakukan berbagai transaksi termasuk pencairan dana bantuan sosial di jaringan e-warong. Hanya saja memang ketika kartu diserahkan tidak disertai buku rekening tabungan.

Mengapa demikian? Karena memang kartu keluarga sejahtera yang diterbitkan oleh pemerintah bukan merupakan kartu debit yang terkoneksi dengan nomor rekening tabungan di Bank BNI maupun bank lainnya yang bekerjasama di dalam program ini.

Hanya saja yang perlu diperhatikan bagi penerima bantuan sosial ini dana hasil subsidi tersebut bukan ah dana bantuan untuk berbelanja kebutuhan di luar kebutuhan pokok seperti beli baju dan kosmetik. Tetapi, lebih kepada keperluan dasar yaitu makanan bergizi untuk menjaga kesehatan keluarga dan anak.

Jadi Indonesia ketika Kartu Keluarga Sejahtera dikirim melalui jaringan Bank BNI memang tidak disertai buku rekening tabungan dan juga tidak bisa digunakan untuk menabung di bank BNI.


1 Response to "Apakah Kartu Keluarga Sejahtera Bisa Digunakan Menabung di BNI?"

  1. Apakah pengambil bantuan tersebut bs berupa uang tunai dan dapat diambil di mesin atm bank bni manapun? Krn mertua saya dapat kartunya tp dana bantuannya dipaksa diambil di warung yg sdh ditunjuk dan atm nya pun mereka yg masukin pin dan gesekin jd tidak transparan brp dana yg didapa, pdhl pin tersebut seharusnya bersifat pribadi. kadang dapatnya beras dan sembako lainnya, kadang hny beras saja yg intinya suka beda2 dapatnya.. apakah memang gitu prosedurnya (hrs ambil bantuannya hny berupa sembako di warung yg sdh ditunjuk oleh orang desa/kelurahan dan tidak bs diambil sendiri berupa uang tunai?) Dan kalau boleh tau, brp dana yg didapat dan cairnya setiap tanggal brp yah? Saya hny penasaran saja krn saya merasa sangat tidak transparan dan terindikasi ada korupsinya krn kita pun msh dimintai uang 10-20rb dengan alsan beli plastiklah, jasa ini-itulah.. mohon masukannya, terima kasih

    BalasHapus