wdcfawqafwef

Cara Buka Rekening Tabungan BNI Tapenas

Cara Buka Rekening Tabungan BNI Tapenas
Cara Buka Rekening Tabungan BNI Tapenas

BNI Tapenas adalah produk simpanan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk perencanaan keuangan bagi nasabah atau dikenal juga sebagai tabungan perencanaan masa depan nantinya nasabah bisa melakukan simpanan berjangka sampai dengan periode tertentu.

Banyak manfaat bisa didapatkan dengan memiliki simpanan BNI Tapenas diantaranya kepastian dana untuk tujuan di masa depan serta Meningkatkan kedisiplinan dalam menabung termasuk fasilitas benefit asuransi bebas premi.

Bagi Anda yang berminat untuk buka rekening tabungan BNI Tapenas caranya sangatlah mudah. Dan berikut ini langkah-langkah cara buka rekening tabungan BNI Tapenas:

Persyaratan
Merupakan Warga Negara Indonesia.
Usia minimum 17 tahun dan maksimum 65 tahun ketika jatuh tempo.
Telah memiliki kartu identitas diri baik KTP, SIM, atau paspor.
Telah memiliki rekening di BNI.

Proses buka rekening
Silakan datang ke kantor cabang Bank BNI terdekat dengan membawa buku rekening tabungan BNI yang sudah ada, kartu debit, kartu identitas diri asli. Kemudian ambil nomor antrian untuk customer service.

Saat dilayani oleh customer service katakan ingin buka rekening tabungan bNI Tapenas, customer service akan menjelaskan secara detail terkait produk BNI Tapenas kemudian meminta dokumen di atas lalu menyerahkan formulir buka rekening Tapenas silakan isi dengan lengkap. Jika mengalami kesulitan bisa meminta bantuan customer service.

Calon nasabah juga akan diminta materai Rp6.000 biasanya disediakan oleh pihak bank jadi nanti tinggal membayar. Lanjut pengesahan formulir dengan memberi tanda tangan diatas materai.

Selanjutnya nasabah diarahkan ke bagian teller untuk setoran awal yang bisa ditentukan sendiri mulai dari Rp100.000. Untuk setoran selanjutnya juga bisa disepakati minimum Rp100.000 sampai dengan Rp5.000.000 tiap bulannya.

Sampai disini nasabah telah berhasil memiliki rekening tabungan bNI Tapenas. Untuk selanjutnya setoran berjangka setiap bulannya diambil langsung dari rekening afiliasi dengan istilah autodebet. Sehingga nasabah tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang BNI untuk setor tunai di tabungan BNI Tapenas. Untuk itu selalu pastikan rekening afiliasi memiliki saldo setiap bulannya setidaknya untuk dipotong sebagai setoran wajib BNI Tapenas.

Penarikan dana
Dana atau saldo dalam rekening tabungan BNI Tapenas bisa ditarik apabila telah mencapai jatuh tempo sesuai dengan kesepakatan. Apabila nasabah memilih menarik saldo tersebut lebih awal akan dikenakan pinalti sebesar 1% dari saldo akhir atau minimal Rp100.000.

Untuk penarikan dana sendiri akan ditransfer ke rekening afiliasi sebesar total saldo serta bunga yang didapat dan dana hasil pengembangan.

Biaya lainnya
Bagi nasabah tabungan BNI Tapenas jika terjadi otot pada rekening afiliasi tidak akan dikenakan biaya begitu juga ketika tutup rekening saat jatuh tempo. Yang berlaku adalah pajak sebesar 20% atas bunga yang dibayarkan bukan dari saldo rekening.

Suku bunga yang didapat simpanan BNI Tapenas juga cukup besar dibandingkan dengan tabungan konvensional khususnya BNI Tapenas reguler bukan BNI Tapenas Syariah. Dimana suku bunganya sebesar 4% per tahun dari total saldo di dalam rekening tabungan BNI Tapenas.

Nasabah juga akan dibebankan biaya administrasi berupa biaya pengelolaan rekening setiap tahunnya sebesar Rp18.000 akan dikenakan di akhir tahun. Untuk besaran biaya administrasi bisa berubah setiap tahunnya sesuai dengan kebijakan dari bank BNI.

Manfaat tambahan
BNI Memberikan manfaat tambahan bagi nasabah pemilik rekening bNI Tapenas di antaranya gratis asuransi jiwa dan asuransi kesehatan bebas premi. Namun nilai pertanggungannya disesuaikan dengan jumlah setoran berjangka setiap bulannya. Untuk asuransi jiwa nasabah bisa mendapatkan santunan hingga Rp1,5 M pada kasus meninggal dunia karena kecelakaan.

Nasabah bisa juga memilih opsi membayar premi asuransi tambahan selain setoran wajib berjangka setiap bulannya. Baca juga: Suku Bunga Tabungan BNI Taplus Anak

Jadi cukup mudah bagaimana cara buka rekening tabungan BNI Tapenas di kantor cabang BNI terdekat. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya serta manfaat tambahan bagi nasabah produk ini sangat cocok bagi Anda yang begitu peduli dengan masa depan.