wdcfawqafwef

Ganti Kartu ATM BNI Tanpa Buku Tabungan. Apakah Bisa?

Ganti Kartu ATM BNI Tanpa Buku Tabungan. Apakah Bisa?
BNI Debit Card

Tanya:
"Kartu ATM BNI saya hampir expired. Untuk ganti kartu baru apakah boleh tanpa buku rekening tabungan karena hilang?"

Jawab:
Kepemilikan kartu ATM atau yang selanjutnya kita sebut kartu debit BNI merupakan alat transaksi cukup vital bagi nasabah. Buktinya seperti contoh kasus di atas dimana buku rekening tabungan sampai tidak didapati atau hilang karena bisa dipastikan setiap transaksi dilakukan menggunakan kartu debit BNI maupun menggunakan layanan e-banking.

Buku tabungan BNI patutnya dijaga dengan baik oleh nasabah tetapi dalam situasi tertentu tidak menutup kemungkinan buku rekening tabungan hilang. Biasanya nasabah tidak akan begitu peduli dengan hal ini, toh.. transaksi masih bisa dilakukan. Barulah kemudian saat alat transaksi kartu debit BNI menjelang expired buku puisi ini benar-benar dibutuhkan.

Saat pengajuan ganti kartu debit baru BNI baik karena kartu tersebut menjelang expired ataupun hilang nasabah memang wajib menyerahkan beberapa dokumen diantaranya buku rekening tabungan, kartu debit, kartu identitas diri asli. Namun dalam kasus ini karena buku rekening tabungan BNI hilang maka nasabah wajib urus pembuatan buku rekening baru.

Pembuatan buku rekening tabungan baru BNI bisa di seluruh kantor cabang BNI terdekat dengan membawa Kartu Debit dan kartu identitas diri asli (KTP/SIM). Setelah buku rekening tabungan berhasil dibuat barulah kemudian nasabah bisa urus buat kartu debit BNI sepenuhnya dibantu oleh customer service. Untuk penggantian kartu debit baru juga buku rekening baru nasabah dikenakan biaya administrasi sesuai dengan jenis rekening tabungan dan jenis kartu debit BNI.

Pembayaran biaya admin tersebut bisa secara langsung atau dengan metode potong saldo rekening tabungan selama masih mencukupi.

Untuk menghindari kejadian seperti ini ada baiknya secara rutin nasabah melakukan print out buku rekening tabungan BNI. Selain bisa memantau secara fisik arus transaksi dalam rekening tabungan juga mengurangi waktu antrian ketika ingin cetak transaksi. Apabila nasabah tidak melakukan print out buku rekening tabungan BNI dalam jangka waktu lama kemudian datang ke kantor cabang BNI untuk print out tentu akan membutuhkan waktu lama bahkan sampai seluruh lembar buku rekening tabungan habis.

Baca juga: Biaya Transaksi ATM BNI Tarik Tunai, Transfer, Isi Pulsa, Dll

Jadi seperti itu cara pengurusan buat kartu debit atau kartu ATM BNI baru bagi nasabah yang kehilangan buku rekening tabungan. Nasabah Wajib datang sendiri ke kantor cabang BNI tidak bisa diwakilkan.