wdcfawqafwef

Jika Buku Rekening Tabungan BNI Hilang

Jika Buku Rekening Tabungan BNI Hilang
Buku Rekening Tabungan BN
Tanya:
"Buku rekening tabungan BNI, bagaimana solusinya?"

Jawab:
Setelah produk perbankan digital booming secara berangsur-angsur nasabah bank BNI mulai berkurang untuk transaksi langsung di kantor cabang karena hampir seluruh transaksi finansial bisa dilakukan secara online melalui smartphone atau perangkat komputer. Sebut saja transaksi dengan transfer saldo atau hanya sekadar cek saldo rekening tabungan BNI, dimana sebelumnya nasabah harus datang ke kantor cabang untuk print out buku rekening tabungan.

Meskipun demikian keberadaan dokumentasi buku rekening tabungan BNI secara fisik tetaplah penting. Kadang kali nasabah yang sudah terbiasa cek mutasi rekening melalui internet banking atau SMS Banking BNI jarang cetak rekening koran atau print out buku rekening tabungan hingga berbulan-bulan. Ini pernah saya alami sendiri.

Sampai akhirnya pernah seseorang bertanya bagaimana mengurus untuk bisa mendapatkan buku rekening tabungan BNI baru karena yang sebelumnya hilang karena lupa tempat menyimpan saking lamanya tidak pernah di print out. Jika situasi ini sampai terjadi tentu akan menyita waktu dan tenaga untuk mengurus pembuatan buku rekening tabungan BNI baru.

Untuk proses mendapatkan kembali buku rekening nasabah wajib menyertakan beberapa dokumen terkait syarat dan kebijakan dari Bank BNI. Di antaranya surat kehilangan dari pihak Kepolisian, kartu debit BNI jika ada, kartu identitas diri asli yang didaftarkan di rekening tersebut baik KTP ataupun paspor. Seluruh dokumen tersebut nantinya langsung diserahkan ke bagian customer service di kantor cabang BNI dan tentu saja tidak bisa diwakilkan.

Customer service BNI akan bantu proses pembuatan buku rekening tabungan BNI baru, ini tidak akan mengubah nomor rekening nasabah. Sesuai dengan syarat dan kebijakan untuk ganti baru buku rekening tabungan akan dikenakan biaya administrasi sesuai dengan jenis rekening. Sebagai contoh untuk tabungan bNI Taplus biaya penggantian buku dikenakan sebesar Rp1.500 bisa dipotong langsung dari saldo rekening tabungan atau membayarnya secara terpisah.

Baca juga: Cara Melaporkan Rekening Penipuan ke Bank BNI

Jadi penting sekali Bagi nasabah bank BNI rutin print out buku rekening tabungan setidaknya 1 bulan sekali. Jangan sampai memiliki mutasi rekening yang menghabiskan berlembar-lembar di dalam buku rekening sampai-sampai sekali print out harus ganti buku rekening.