wdcfawqafwef

Waspadai Penipuan Mengatasnamakan Bank BNI Meminta Kode OTP

Waspadai Penipuan Mengatasnamakan Bank BNI Meminta Kode OTP
Waspadai Penipuan Mengatasnamakan Bank BNI Meminta Kode OTP

Tanya:
"Akhir-akhir ini di berita banyak saya lihat kasus penipuan korbannya adalah nasabah bank ada juga yang merupakan nasabah bank BNI. Kebanyakan dari kasus tersebut meminta kode OTP, seberapa penting kode ini?"

Jawab:
Memang benar, terjadinya kasus penyalahgunaan rekening nasabah akhir-akhir ini banyak bermunculan karena nasabah telah diberi akses transaksi secara personal contohnya melalui mesin ATM / layanan digital banking seperti mobile banking dan internet banking.

Untuk itu nasabah bank BNI dihimbau berhati-hati ketika mendapatkan pesan SMS atau panggilan telepon yang mengatasnamakan Bank BNI kemudian meginformasikan beberapa hal baik terkait transaksi maupun masalah pada rekening yang kemudian meminta kode rahasia baik itu kode OTP (One Time Password) juga kode PIN dan kode rahasia lainnya.

Perlu diingat pihak bank BNI sekalipun tidak pernah meminta kode rahasia dari nasabah dengan alasan apapun baik pengembalian saldo ataupun penyelesaian masalah dari rekening nasabah.

Terkait kode OTP yang ada di layanan bank BNI contohnya untuk transaksi SMS banking atau transaksi digital yang biasa diterima melalui SMS ke nomor telepon terdaftar, fungsi kode ini sangat vital.

Kode OTP bagaikan pintu gerbang untuk akses rekening nasabah jika ini dibagikan kepada pihak lain itu artinya sama dengan nasabah memberikan kunci untuk masuk dan mengakses rekening dan memungkinkan pihak tersebut melakukan transaksi / perubahan data lainnya.

Baca juga: Cara Tutup Rekening Tabungan BNI Simponi

Untuk menghindari terjadinya penipuan atau penyalahgunaan rekening nasabah jangan sekali-sekali memberikan kode OTP atau kode rahasia lainnya. Nasabah juga perlu membaca syarat dan kebijakan terkait layanan digital banking dari Bank BNI untuk lebih memahami kegunaan dari kode rahasia yang dimiliki nasabah.


0 Response to "Waspadai Penipuan Mengatasnamakan Bank BNI Meminta Kode OTP"

Posting Komentar