wdcfawqafwef

Melaporkan Penipuan Rekening BNI Butuh Surat Kepolisian?

Melaporkan Penipuan Rekening BNI Butuh Surat Kepolisian?
Melaporkan Penipuan Rekening BNI

Pertanyaan:
Jika ingin melaporkan kasus penipuan rekening BNI apakah memang butuh surat pelaporan dari Kepolisian atau cukup hanya dengan bukti transaksi?

Jawaban:
Pesatnya pertumbuhan teknologi dan penggunaan internet di masyarakat saat ini menjadikan transaksi perbankan semakin mudah. Transaksi jarak jauh sudah semakin umum. Untuk pembelian barang yang dulu harus bertemu langsung kini bisa secara online bahkan untuk metode pembayaran sekalipun.

Penjual cukup memberikan nomor rekening dan pembeli transfer sesuai dengan nominal pesanan. Sesimpel itu pesanan pun bisa langsung dikirim.

Meski transaksi online menawarkan berbagai kemudahan namun kita sebagai masyarakat tetap harus waspada khususnya terkait potensi penipuan transaksi online yang tidak hanya bisa terjadi ketika posisi sebagai pembeli bahkan penjual pun bisa mengalami hal yang sama.

Terkait pertanyaan di atas bagi nasabah yang ingin melaporkan indikasi kasus penipuan online yang melibatkan rekening BNI bisa dilaporkan melalui jaringan kantor cabang Bank BNI terdekat.

Surat pelaporan dari Kepolisian memang dibutuhkan dalam hal ini. Dilengkapi juga dengan dokumen buku tabungan apabila rekening mendapat fasilitas buku tabungan, kartu identitas diri asli e-KTP, kartu debit atau kartu ATM BNI, nomor rekening yang dilaporkan beserta bukti transaksi. Persyaratan ini wajib dilengkapi bagi nasabah Bank BNI.

Sedangkan bagi pelapor non nasabah cukup membawa surat pelaporan dari Kepolisian beserta nomor rekening dan bukti transaksi.

Laporan nasabah akan ditangani oleh customer service selanjutnya pihak Bank BNI akan berusaha menjadi mediator.

Meski pihak Bank BNI menerima laporan namun tidak bertanggung jawab bahwa dana atau saldo nasabah bisa kembali. Pihak pelapor akan diinformasikan kembali apabila laporan telah diproses.

Baca juga: Cara Mendapat Bukti Transaksi Fisik Rekening BNI Taplus Muda

Untuk menghindari terjadinya tindak kriminal penipuan transaksi online nasabah dihimbau lebih waspada memilih tempat transaksi dan jangan terlalu mudah tergiur dengan program promo yang tidak wajar.


0 Response to "Melaporkan Penipuan Rekening BNI Butuh Surat Kepolisian?"

Posting Komentar